Minggu, 12 Februari 2017

Penyakit Lupus - Penyebab Dan Gejala

Penyakit Lupus - Penyebab Dan Gejala -- Lupus adalah penyakit imflamasi kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari virus, kuman dan bakteri malah menyerang jaringan dan organ tubuh pemiliknya. Imflamasi yang disebabkan penyakit lupus dapat mempengaruhi sistem tubuh yang berbeda, seperti kulit, sendi, lambung, sel darah, otak, jantung dan paru-paru.
    Penyakit lupus bisa sangat sulit untuk di diagnosis, karena gejala dan tandanya hampir sama dengan penyakit lainnya. Gejala yang paling umum pada penderita lupus biasanya ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu pada kedua pipi.
Gejala Penyakit Lupus
Jenis - Jenis Penyakit Lupus
 • Systemic Lupus Eritematosus (SLE)
 • Neonatal (Lupus yang terjadi pada bayi)
 • Drug Inducted Lupus (Lupus karena penggunaan obat).

Gejala Penyakit Lupus
    Gejala penyakit lupus pada tiap orang berbeda-beda, tanda dan gejala bisa datang secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, mungkin ringan ataupun berat, dan bisa sementara ataupun permanen. Banyak orang penderita penyakit lupus mengalami penyakit ringan dengan gejalanya secara bertahap, itu disebut flares, ketika tanda dan gejala semakin parah untuk sementara, lalu menghilang untuk sementara waktu.
      Tanda - tanda dan gejala penyakit lupus yang anda alami akan tergantung pada bagian sistem tubuh mana terpengaruh oleh penyakit tersebut. Tanda - tanda dan gejala yang paling umum adalah :
   • Demam dan kelelahan
   • Rasa sakit, kekakuan dan pembengkakan pada area sendi
   • Ruam pada wajah seperti sayap kupu-kupu meliputi pipi dan melewati hidung.
  • Luka pada kulit yang muncul atau memburuk ketika terkena paparan sinar matahari
  • Jari Tangan dan kaki berubah pucat atau biru ketika terkena dingin atau ketika stress.
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Mata kering
  • Sakit kepala, kebingungan dan hilang ingatan

Penyebab Penyakit Lupus
     Penyakit lupus terjadi ketika sistem kekebalan tubuh anda menyerang jaringan yang sehat dalam tubuh anda. Penyebab lupus kemungkinan merupakan hasil dari kombinasi genetika dan lingkungan anda. Tapi penyebab utama penyakit ini sampai sekarang masih belum diketahui.
     Beberapa Penyebab Yang Memicu Penyakit Lupus Adalah :

  1. Faktor Genetika
     Orang yang lahir dari orang tua yang menderita lupus memiliki kecendurungan kearah mengidap penyakit ini. Oleh sebab itu penyakit ini sering disebut penyakit turunan.

 2. Infeksi
     Mengalami infeksi dapat memicu penyakit lupus atau menyebabkan kambuh pada beberapa orang.

 3. Obat - obatan
   Penyakit lupus dapat dipicu oleh pengguanaan obat jenis tertentu seperti obat anti kejang, obat tekanan darah, dan antibiotik. Orang yang menderita lupus akibat obat biasanya dapat terlihat ketika gejala mereka hilang saat mereka berhenti mengkonsumsi obat tersebut.

  4. Stress Berlebihan
  5. Paparan sinar ultraviolet matahari

       Sekian artikel tentang Penyakit Lupus ini, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar bisa lebih bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar